Header Ads

4 Kekurangan dari Kipas Angin AC yang Perlu Anda Tahu Sebelum membeli


Apa yang biasanya menjadi pertimbangan Anda saat akan membeli sesuatu? Biasanya orang akan membeli sesuatu mendasarkan pada kelebihan yang dimiliki pada produk tersebut. Menjadikan kelebihan sebagai pertimbangan memang tidak ada salahnya. Tapi alangkah baiknya bila pertimbangan ini juga diimbangi dengan pertimbangan lain yaitu kekurangan produk. Sebab dengan juga menjadikan kekurangan sebagai pertimbangan pembelian maka Anda akan bisa mendapatkan gambaran secara keseluruhan tentang produk tersebut. Apa yang dijelaskan ini tentu saja berlaku untuk pembelian semua produk, termasuk pembelian perangkat pendingin ruangan.

Perangkat pendingin ruangan sendiri saat ini ada banyak ragamnya. Selain kipas angin dan air conditioner yang biasa kita kenal, sekarang kita juga dapat menjumpai produk lain seperti air humififier, air purifier dan juga air cooler atau kipas angin AC. Nah untuk kali ini kita akan membahas kekurangan dari kipas angin AC yang perlu diketahui sebelum melakukan pembelian. 

Kipas Angin AC
Berikut beberapa kekurangan kipas angin AC tersebut.

1. Mengeluarkan Udara Dingin yang Lembab dan Basah
Pertama, kita bisa mengetahui kekurangan kipas angin AC dari udaranya yang bersifat lembab dan basah. Kipas angin AC yang bekerja dengan memanfaatkan air dingin dalam tangki ini memang kemudian akan menghasilkan udara yang lembab dan basah. Nah udara yang lembab dan basah yang dihembuskan kipas angin AC ini sendiri menjadi sesuatu yang kurang nyaman ketika lama-lama menerpa tubuh. Ini karena udaranya mengandung uap air yang bisa membuat basah pakaian dan tubuh.

2. Bisa Memicu Munculnya Penyebab Penyakit
Selanjutnya, kekurangan dari kipas angin AC adalah bisa memicu timbulnya penyakit seperti virus, jamur, bakteri dan parasit. Munculnya penyebab penyakit ini sendiri dikarenakan udara yang dihembuskannya bersifat basah. Nah ketika udara yang dihembuskan perangkat kipas angin AC ini bersifat basah maka lama-lama memang bisa memunculkan timbulnya beberapa penyebab penyakit tadi. Tapi hal ini hanya bisa terjadi bila kipas angin AC dinyalakan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara buruk. Memang penempatan kipas angin AC ini tidak boleh sembarangan. Jadi penempatan kipas angin AC yang tepat adalah di ruangan dengan sirkulasi yang baik agar tidak muncul beberapa penyakit tersebut.

3. Kemampuannya Lebih Pada Meningkatkan Kelembaban dan Menyejukkan Udara
Dibanding dengan produk air conditioner memang kipas angin AC ini kurang mumpuni dalam hal kualitas udara dingin yang dihembuskan. Pasalnya, kipas angin AC ini bisa dikatakan perangkat untuk menyejukkan udara. Dengan mengandalkan air dingin pada tangki, nantinya kipas angin AC akan melakukan proses kondensasi sehingga dihasilkan uap udara yang bersifat lembab dan basah. Berbeda dengan air conditioner yang menghasilkan udara dingin yang bersifat kering. Jadi ketika air conditioner ini dinyalakan terus-menerus pun tidak akan pernah menjadi masalah. Dingin yang dihasilkan oleh air conditioner pun kualitasnya lebih baik dan lebih dingin dibanding kipas angin AC.

4. Penggunaannya Bergantung Pada Air Dingin Pada Tangki
Terakhir, kekurangan dari kipas angin AC yang perlu Anda ketahui untuk pertimbangan pembelian adalah penggunaannya yang bergantung pada air dingin pada tangki. Jadi ketika Anda akan menggunakan kipas angin AC maka ada tidak bisa langsung begitu saja menyalakan. Pasalnya, kipas angin AC yang mekanisme bekerjanya bergantung pada persediaan air dingin maka Anda harus dan wajib memastikan dulu keberadaan air dingin tersebut dalam tangki. Bila kemudian Anda mendapati bahwa  air dingin dalam tangki ini debitnya habis atau kosong, maka diwajibkan Anda untuk mengisinya terlebih dahulu sebelum menyalakan kipas angin AC. Sebab, bila Anda menyalakan kipas angin AC tanpa mengisi air dingin yang kosong dalam tangki maka hal ini akan membuat perangkat jadi panas dan kemudian rusak.

Demikianlah beberapa kekurangan yang ada pada perangkat pendingin ruangan kipas angin AC yang perlu Anda ketahui sebelum membeli. Dengan tidak hanya mengetahui kelebihannya saja, tapi juga mengetahui kekurangan kipas angin AC, maka saat membelinya, Anda akan benar-benar merasa yakin dan tidak menyesal. Kekurangan sendiri tidak hanya melekat pada kipas angin AC, tapi pada perangkat pendingin ruangan lainnya, kita pastinya juga akan mendapati kekurangan tersebut.

No comments

Powered by Blogger.
IBX58B4831B772B3