Header Ads

Flu Babi: Penyakit Paling Mematikan

Flu Babi merupakan jenis influenza yang disebabkan oleh virus H1NI. Nama flu babi sendiri diambil karena galur virus penyebabnya mirip dengan virus influenza pada babi. Awal penularan penyakit ini secara global terjadi pada tahun 2009 dan berakhir pada tahun 2010. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Indonesia melakukan vaksinasi influenza tahunuan guna mencegah penyebaran penyakit flu babi.
Flu Babi
Flu Babi. (foto: intelejen,co,id)
Orang yang bersentuhan dengan babi memiliki resiko tinggi terinfeksi. Namun kemungkinan juga bisa terjadi penularan dari manusia ke manusia. Gejala yang terlihat seperti demam, muntah, persendian yang kaku dan kehilangan kesadaran. Terjadi pula sakit kepala yang cukup berat, hidung tersumbat atau beringus serta mata yang memerah. 

Flu babi bisa menular dari pengidap yang bersin atau batuk. Tetesan ingus atau air liur dari pengidap kemungkinan menempel langsung ke orang lain melalui permukaan mata, mulut dan hidung. Perlu diketahui, virus ini tidak menyebar melalui konsumsi daging babi. Untuk penanganannya sendiri berbeda-beda sesuai tingkat keparahan gejala yang dialaminya. Istirahat yang cukup, minum yang banyak dan pastikan tubuh tetap hangat. 

No comments

Powered by Blogger.
IBX58B4831B772B3