Header Ads

Apa itu Gerhana Matahari?

Gerhana Matahari terjadi saat posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup seluruh cahaya matahari ataupun sebagiannya. 

Mungkin ada yang bertanya bagaimana bulan yang lebih kecil bisa menutupi cahaya matahari ? Hal ini dikarenakan bulan berjarak rata-rata 384.400 km dari Bumi lebih dekat jika dibandingkan dengan Matahari yang memiliki rata-rata jarak 149.680.000 km.
Gerhana Matahari. (foto: newteknoes.com)
Ketika gerhana matahari sedang berlangsung, sebaiknya kita tidak melihatnya dengan mata telanjang karena membahayakan. Dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada retina mata karena adanya radiasi tinggi yang tidak terlihat dipancarkan oleh fotosfer. Kerusakaan tersebut bisa mengakibatkan anda mengalami kebutaan. 

Untuk mengamati Gerhana Matahari membutuhkan pelindung mata khusus. Meskipun menggunakan kaca mata untuk menyaksikan gerhana, tetap tidak aman karena tidak bisa menyaring radiasi infra merah. Pengamatan juga sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, proses gerhana matahari tidak akan berlangsung lama, hanya sekitar 7 menit 58 detik.

No comments

Powered by Blogger.
IBX58B4831B772B3